Persoalan Lurah Mongondow

Wali Kota ‘Putar Otak’
POSKO, KOTAMOBAGU — Masyarakat terus melakukan penolakan penempatan lurah Kelurahan Mongondow Kecamatan Kotamobagu Selatan, Ham Rumoroy.  Mereka bersikukuh, Wali Kota Kotamobagu, Drs H Djelantik Mokodompit, harus mengganti dengan figur lain, siapapun dia, yang penting bukan Rumoroy.

Aksi turun ke jalan dan melakukan penyegelan kantor lurah setempat pada Rabu malam (1/9) sekira pukul 20.00 Wita, kembali berlanjut pada keesokan harinya.  Padahal, usai aksi yang pertama, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Camat, Kapolsek, dan anggota DPRD setempat, sudah melakukan negosiasi dan meminta masyarakat bersabar, sambil menunggu aspirasi mereka disampaikan ke wali kota dan Baperjakat, sebagai penentu kebijakan penempatan lurah serta pejabat lain.
Serangkaian pertemuan antara tokoh-tokoh di kelurahan tersebut pun telah dilakukan oleh pihak Pemkot, namun tuntutan masyarakat tetap teguh, lurah harus diganti.  ‘’Pokoknya torang nimau tu lurah itu bale ulang.  So jelas kwa dulu dia nyanda cocok dan ditolak di sini, kiapa kong mo kase jadi ulang lurah,” ujar warga.
Pihak Pemkot Kotamobagu ketika dikonfirmasi melalui juru bicara, H Muhammad Agung Adati, dijelaskan saat ini persoalan tersebut sedang dibicarakan secara serius oleh pihak pemkot.  ‘’Semua keluhan masyarakat sudah disampaikan ke wali kota, tinggal menunggu langkah apa yang selanjutnya akan diambil.  Kami minta masyarakat bersabar dan mempercayakan semua persoalan ke pemerintah, semoga akan ada jalan keluar yang terbaik,” katanya.
Sementara itu, wali kota yang menerima perwakilan masyarakat Kelurahan Mongondow di kediamannya, jalan Ahmad Yani, usai menggelar buka puasa bersama dengan dengan jajaran SKPD Pemkot Kotamobagu, kemarin malam mengaku sudah mendapat gambaran jika Senin (6/9) ini ada penggantian lurah.  ‘’Penggantian tersebut akan diseriusi oleh walikota. Buktinya pak wali telah menjanjikan pencopotan lurah mongondow, dan pak camat akan jadi pelaksana lurah sementara Kelurahan Mongondow,” jelas Rahmat Paputungan usai pertemuan. (708)

Sumber: Harian Posko Manado, 04 September 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: