Angkutan Sewa Wajib Plat Kuning

KOTAMOBAGU — Berdasarkan Undang-undang nomor 2/2009 tentang lalu lintas angkutan jalan (LLAJ), semua mobil jasa angkutan wajib menggunakan plat kendaraan berwarna kuning. Undang-undang diperkuat dengan surat dari Dishub Provinsi Sulut nomor 551/51/D Hub Kom Provinsi Sulut. Semua angkutan sewa secara bertahap mengubah plat nomor, yakni mulai 17 Juni-17 Juli dilakukan sosialisasi. Dari 17 Juli hingga 17 Agustus semua angkutan sewa sudah menggunakan plat kuning.
“Instruksi ini sudah kami sosialisasikan ke 11 PO yang mengoperasikan sekira 300 kendaraan yang lalulalang Manado-Kotamobagu,” ujar Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kotamobagu Ahmad Yani Damopolii.
Pengusaha pemilik PO, kebanyakan menolak kebijakan ini. Najib Tawil pemilik PO Kota Jaya menyayangkan keputusan ini karena sangat merugikan pengusaha PO maupun pemilik kendaraan yang dititipkan di PO. “Kami harus membayar biaya perubahan plat dan bisa jadi pangkalan kami tutup karena pemilik kendaraan menarik kendaraannya,” ujarnya.
Sembari khawatir kalau ini dipaksakan, PO akan kekosongan angkutan sewa dan akan berdampak terhadap aktivitas warga dari Manado ke Kotamobagu dan sebaliknya.
Ia juga menambahkan, kalau dikatakan illegal, pihaknya mempunyai izin operasi yang dikeluarkan pemerintah, kemudian asuransi dan surat kir. “Justru akan lebih banyak pangkalan liar jika diberlakukan,” tandasnya. (fir)

Sumber: Manado Post, 30 Juli 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: