Hanya 150 CPNS KK Bisa Dapatkan NIP

Jakarta, KOMENTAR
Anggota DPR RI asal Sulut, Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, informasi yang diterimanya dari BKN (Badan Kepegawaian Nasional), bahwa yang dinyatakan lulus seleksi CPNS tahun 2009 di Kota Kotamobagu (KK) hanya 150 orang lebih. “Kemarin saya mendapat penjelasan dari BKN, bahwa CPNS KK tahun 2009 yang dinyatakan lulus seleksi sebanyak 150 orang lebih. NIP-nya sedang diproses untuk diterbitkan,” kata Yasti kepada Komentar melalui telepon selularnya, Jumat (11/06) kemarin.
Jumlah tersebut merupakan hasil verifikasi tim yang dibentuk Kemenpan (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara) yang terdiri dari BKN, BKD dan Menpan atas hasil temuan di lapangan. “Tim tersebut menemukan kecurangan dalam seleksi CPNS tersebut,” tambah Yasti seraya merinci kecurangan itu, di antaranya ada yang tidak lulus seleksi, tapi dinyatakan lulus.
Parahnya lagi, CPNS yang mendapat nilai 100 malah dinyatakan tidak lulus. Tapi yang mempunyai nilai 90 malah lulus, ungkapnya. Disinggung nasib 200 orang lainnya yang sudah dinyatakan lulus, politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku, Menpan sudah mengirim surat ke Pemkot KK terkait persoalan tersebut.
Namun surat tersebut sampai kemarin, belum direspons Pemkot KK. Padahal surat Menpan tersebut batas waktunya sampai 31 Mei lalu. “Batas Surat tersebut sampai 31 Mei lalu. Tapi tidak ada jawaban dari pemkot,” katanya seraya menambahkan isi surat Kemenpan yakni menawarkan dua opsi. Opsi pertama, standardisasi terhadap 200 orang lebih itu bersama 3.000 lebih pelamar CPNS atau diranking ulang. Artinya, dilakukan seleksi lagi terhadap semua yang mendaftar sampai terpenuhi kuota penerimaan CPNS.
Pada bagian lain, Yasti membantah dirinya tidak aspiratif terhadap persoalan tersebut. Malah berulang kali dirinya meminta penjelasan dari Men-pan dan BKN terhadap nasib CPNS tersebut. Dia mengaku telah memperjuangkan keadilan terhadap nasib ribuan CPNS yang ikut seleksi. “Kami membela ribuan orang yang haknya dirampok. Perjuangan saya untuk memenuhi rasa keadilan,” tandasnya.
Selain itu, dia mempertanyakan pemeriksaan terakhir CPNS yang dilakukan di salah satu hotel di KK. “Kenapa hasil akhir pemeriksaan tes CPNS dilakukan di salah satu hotel di KK,” tandasnya. Oleh karenanya dia mengimbau semua pihak berpikir jernih dan tidak saling tuduh atas persoalan tersebut. Sementara Menpan dan Reformasi Birokrasi, EE Mangindaan mengatakan, persoalan tersebut sudah diproses di BKN.
Proses tersebut dilakukan oleh tim BKN yang sudah ke lapangan meneliti duduk persoalannya. “Bagi yang sah lulus, tetap diangkat. NIP-nya kami minta secepatnya diproses,” tukasnya.
Deputi SDM Aparatur, Ramli Naibaho menambahkan, pihaknya terdepan untuk menertibkan pelanggaran terutama dalam reformasi birokrasi. Bahkan dia tidak mempersoalkan datangnya pengaduan kecurangan itu.
“Pengaduan tersebut tidak menjadi soal datangnya dari mana. Intinya ada pelanggaran atau tidak. Lagi pula tahun lalu KK sudah diperingatkan melalui surat Menpan,” katanya tanpa merinci surat dimaksud.(zal)

Sumber: Harian Komentar, 12 Juni 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: