Harapan 352 CPNS Kotamobagu Pupus?

Pemerintah belum terbitkan NIP untuk angkatan 2009

Kepala BKD mengaku sudah habiskan anggaran Rp60 juta

Kotamobagu—Janji Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu untuk mengu-payakan penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil seleksi tahun 2009 pada peringatan HUT ke 3 Tahun Kota Kotamobagu, rupanya belum bisa direalisasikan.
Buktinya, Upacara peringatan HUT Kotamobagu yang bakal digelar di Lapangan Kotamobagu, Senin (24/5) hari ini, dipastikan tidak bakal diikuti oleh 352 CPNS yang telah dinyatakan lulus seleksi Tahun 2009 lalu. Hal ini juga menimbulkan anggapan bahwa harapan ratusan CPNS untuk menjadi PNS pupus sudah.
Bahkan, Pemkot Kotamobagu sendiri hingga saat ini masih terus meminta agar para CPNS tersebut dapat bersabar untuk menunggu pengeluaran NIP tersebut dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).
Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Humas Kotamobagu melalui Kepala Sub Bagian Protokol dan Pemberitaan Togap Simanjuntak STp, dengan ungkapannya yang terkesan pasrah, seraya meminta agar para CPNS terus berdoa.
“Upaya Pemkot saat ini telah maksimal, selanjutnya tingga menunggu campur tangan Tuhan, sebab sejauh apapun kita berusaha, keputusannya tetap berada di tangan Tuhan, makanya kami meminta agar para CPNS dapat turut membantu kelancaran proses ini dengan banyak bersabar serta berdoa,” ujar Simanjuntak.
Sementara itu, Kepala BKD Kotamobagu Drs Idris Manoppo, beberapa waktu lalu sempat melontarkan pernyataan kontroversial yang menyatakan, bahwa pengurusan NIP tersebut, telah menguras anggaran pribadinya hingga mencapai Rp 60 juta rupiah.
“Mereka tidak tahu betapa sulitnya mengurus persoalan ini. Lagi pula uang pribadi saya telah habis Rp60 juta untuk bolak-balik dan melobi ke Jakarta,” ungkap Manoppo.
Manoppo juga menjelaskan, kejadian di Kotamobagu tahun ini, dirasakan pula oleh beberapa daerah lainnya yang ada di Indonesia, khususnya di daerah bagian Jawa dan Sumatera. “Ada sekitar 19 daerah memiliki nasib seperti Kotamobagu, makanya para CPNS seharusnya tidak perlu khawatir, sebab hal ini hanya terkendala pada persoalan administrasi.
Sementara itu, Wakil Walikota Kotamobagu Ir Tatong Bara, saat dikonfirmasi tentang kepastian dikeluarkannya NIP tersebut oleh BKN hanya mengatakan, bahwa hal tersebut telah diserahkan kepada Walikota dan Dekot Kotamobagu untuk terus mengurusnya.
“Pengurusannya saat ini telah menjadi tanggung jawab Walikota. Lagipula hingga saat ini kami tetap berusaha untuk segera mempercepat penerbitan NIP tersebut. Tapi sekali lagi, kami masih butuh waktu,” tandas Bara.(jeem/rr)

Sumber: Harian Swarakita-Manado, 24 Mei 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: