SVR-MMS Kontestan Pertama

Klaim Menang Survei Golkar Yakin Juara

MANADO- Partai Golkar yakin memenangkan pemilihan gubernur (Pilgub) 3 Agustus mendatang lewat duet Stefanus Vreeke Runtu (SVR) dan Marlina Moha Siahaan. Kemarin, allenatore DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie mantap menetapkan duet SVR-MMS, setelah berkaca hasil survei terakhir. Dengan ditetapkannya Tuama Minahasa dan Bunda Totabuan ini, Partai Golkar menjadi parpol pertama yang resmi mengusung calon.
Informasi dihimpun, SVR-MMS ditetapkan lewat rapat tim Pilkada pusat bersama DPP Golkar. “Sudah resmi pak Vreeke dan ibu Marlina sebagai pasangan cagub-cawagub Sulut lewat rapat yang dipimpin pak Aburizal Bakrie,” kata Koordinator Pemenangan Wilayah Sulawesi Nurdin Halid kepada koran ini, kemarin.
Penetapan pasangan yang sama-sama bupati ini, menurut Nurdin, dilakukan secara objektif dan melalui survei. Berbeda dengan penetapan enam calon bupati/wali kota di Sulut yang hanya sekali survei, untuk calon gubernur hingga tiga kali survei. Di samping untuk mendapatkan hasil yang pas, juga sesuai mekanisme partai.
Dari hasil survei, tambah Wakil Sekjen DPP Golkar Syamsul Bachri, tingkat elektabilitas SVR jauh di atas Theo Sambuaga. Sedangkan MMS tidak tersaingi suaranya. “Hasil survei ibu Marlina paling tinggi untuk cawagub. Saya rasa penetapan DPP Golkar ini sudah tepat karena telah melalui pembahasan yang alot,” ucap Syamsul yang dihubungi terpisah.
Mengenai kapan waktu deklarasi pasangan ini, baik Nurdin maupun Syamsul punya jawaban berbeda. Menurut Nurdin, untuk deklarasi diserahkan pada calon gubernur. “Silakan tanya ke pak Vreeke dan ibu Marlina saja ya,” sarannya.
Sedangkan Syamsul lebih terbuka lagi. Katanya deklarasi dilaksanakan pada 25 Mei mendatang bersama-sama dengan pasangan calon bupati Minut dan calon wali kota Tomohon. “Mudah-mudahan kalau tidak ada perubahan pasangan pak Vreeke dan ibu Marlina akan deklarasi pada 25 Mei 2010 dan akan dihadiri Ketua Umum DPP PG Aburizal Bakrie,” ucapnya.
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Theo Sambuaga menegaskan, keputusan ini harus diamankan seluruh kader dan pengurus. Semua wajib mengamankan, mendukung serta memenangkan SVR-MMS. “Siapapun itu tak terkecuali,” kata Theo yang sampat menjadi saingan SVR saat penjaringan.
Ditambahkannya, penetapan ini sangat realistis dan berpeluang menang. Hasil survei DPP PG yang telah memasangkan para kandidat cagub dan cawagub, SVR-MMS berada di tempat teratas. “Di posisi kedua SHS-Halil Domu, lalu Elly Lasut-Henny Wulur diikuti Ramoy Luntungan-Hamdi Paputungan,” klaim Theo.
Sebagai politisi matang, Theo tak sedikitpun memperlihatkan kekecewaannya setelah kalah bersaing dengan SVR. Belum lama ini, Theo dengan gentle mengundurkan diri karena hasil survei tahap kedua namanya di bawah SHS, SVR, dan Elly Lasut.
Lantas apa tanggapan SVR? ‘’Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Kuasa dan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh rakyat Sulut, tokoh agama, tokoh masyarakat yang selalu mendoakan dan memberi dukungan sehingga saya Stefanus Vreeke Runtu (SVR) telah ditetapkan secara resmi sebagai calon Gubernur Sulut 2010-2015 pada Rabu 20 Mei oleh ketua umum DPP Golkar yang berpasangan dengan Marlina Moha Siahaan (MMS) sebagai calon wakil Gubernur,’’ ujarnya.
SVR pun terus memohon doa restu rakyat Sulut. ‘’Dengan penuh kerendahan hati kami tak putus-putusnya memohon dukungan dan doa restu seluruh rakyat Sulut untuk kami dalam memimpin Sulut kedepan. Terima kasih Tuhan memberkati,’’  tulis SVR dalam pesan singkatnya ke wartawan.
PASANGAN PARIPURNA
Sementara itu ditetapkannya SVR dan MMS, sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut  oleh DPP Golkar, mendapat respon positif dari seluruh kader dan simpatisan Partai Golkar serta masyarakat Sulut. Menurut beberapa kalangan, pasangan SVR-MMS merupakan pasangan paripurna yang mewakili semua keterwakilan yang ada di Sulut.
Dengan ditetapkannya pasangan ini, banyak yang memprediksikan, golkar dapat memanangkan pemilihan gubernur.
Menurut Sekretaris DPD II PG Minut Hengky Wantania, pasangan SVR-MMS merupakan pasangan yang paling layak dimajukan golkar untuk bisa memenangkan Pilgub. “Saya rasa DPP tidak salah menetapkan pasangan dan dengan penuh keyakinan saya bisa aminkan pasangan ini bisa memengkan Pilgub,” ujar Wantania.
Demikian yang diungkapkan Wakil Ketua DPD II PG Minsel Drs Robby Sangkoy. “Pasangan SVR-MMS merupakan pasangan ideal. Dan saya dapat pastikan pasangan ini bisa mengembalikan kejayaan Partai Golkar di Sulut dengan memenangkan pertarungan,” ungkap Sangkoy.
Lanjutnya, sudah cukup 5 tahun Partai Golkar hanya jadi penonton. “Saya mengajak seluruh kader golkar yang ada di Sulut untuk bisa mendukung dan memenangkan pasangan SVR-MMS,” ujar Sangkoy.
Ditambahkannya seluruh simpatisan dan kader golkar yang ada di Minsel siap memenangkan SVR-MMS. Senada juga diungkapkan oleh Wakil Ketua DPD II PG Manado Ronny Eman. Menurutnya, pasangan SVR-MMS merupakan pasangan yang sudah melawati survey DPP. “Saya yakin pasangan ini bisa unggul dari pasangan lainnya saat Pilgub. Apalagi survey yang dilakukan DPP sangat teliti. Dan bila mesin partai golkar bekerja di semua kabupaten/kota dan provinsi, dapat dipastikan SVR-MMS akan memimpin Sulut 5 tahun kedepan,” ujar Eman.
Lanjutnya, pengalaman Pilkada legislatif beberapa waktu lalu, Golkar unggul besar di beberapa kabupaten/kota dan provinsi.
Sekretaris  PG Minahasa Febry Suoth sendiri ketika dimintai tanggapannya terkait ditetapkannya pasangan SVR-MMS, hanya berujar ‘Golkar akan kembali ke masa kejayaan dengan diajukannya pasangan SVR-MMS’. Diakuinya bila saat ini golkar hanya bisa jadi penonton, kedepan tidak lagi. “Golkar Minahasa akan bekerja maksimal untuk memenangkan SVR-MMS,” tegas Suoth.
Lain yang dikatakan Suoth, lain pula yang dikatakan Wakil Ketua DPD II PG Bolmut yang juga merupakan Ketua AMPG Partis Babay. Menurutnya, pasangan SVR-MMS merupakan pasangan yang sangat pas.  “Dengan ditetapkannya MMS sebagai calon wakil gubernur mendampingi SVR. Saya dapat pastikan 98 persen suara Bolmut bakal jatuh kepasangan SVR-MMS,” tegasnya.
Babay juga mengatakan MMS merupakan harga diri masyarakat Bolmong Raya. “Pasangan ini sangat cocok dimana satunya mewakili Minahasa dan satunya mewakili Bolmong. Dua-duanya merupakan pemimpin di Kabupaten Induk sebelum adanya pemekaran,” ungkap Babay.
Bukan hanya Bomut, pengurus Golkar di Boltim juga memberikan dukungan penuh kepada pasangan SVR-MMS. “Kami di Boltim siap memenangkan pasangan SVR-MMS. Apalagi ini merupan harga diri partai,” ujar Ketua Kecamatan Kotabunan Ishak Mamonto.
Lanjutnya, setelah ditetapkan, pasangan SVR-MMS kiranya dapat menyempatkan diri mangunjungi Kecamatan Kotabunan. Karena masyarakat rindu bertemu dengan kedua figur ini. (ylo)

Kekuatan Beringin
Ketua Golkar Kab/Kota memegang Bupati/Wali Kota di :
–    Minahasa (SVR)
–    Bolmong (MMS)
–    Kotamobagu (Djelantik Mokodompit)
–    Bolmut (Hamdan Datunsolang)
–    Tomohon (Jeferson Rumajar)
–    Sangihe (Winsulangi Salindeho)

Khusus Talaud dan Mitra, bakal mendukung Elly Lasut bila yang bersangkutan maju.
Kekuatan lain: Golkar sebagai pemenang Pemilu di Sulut, sudah sangat mengakar di bumi Nyiur Melambai

Cagub Stefanus Vreeke Runtu :
Ketua DPD Partai Golkar Sulut
GMIM
Saat Pilkada Minahasa, menang di atas 50%

Cawagub Marlina Moha Siahaan :
Ketua DPD Partai Golkar Bolmong
Muslim
Saat Pilkada Bolmong, MMS menang di atas 50%. Saat Pilpres 2004, seluruh kab/kota capres Golkar kalah, hanya di Bolmong yang menang, tapi setelah diakumulasi capres Golkar menang di Sulut.

Sumber: Manado Post, 21 Mei 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: