CPNS Produk “Pensil 2B” Dianulir

Juni,BKN Bakal Take Over
KOTAMOBAGU — Wibawa dan harga diri Pemkot Kota Kotamobagu lagi dipertaruhkan. Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah dimandatkan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi (RB) Letjen (purn) EE Mangindaan untuk men-take over kasus rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemkot KK. Ini bisa dihindari jika saran Menpan dan RB dipatuhi walikota dan wakil walikota KK. Salah satu poin rekomendasi menunjukkan, Pemkot harus menyelesaikan persoalan dengan panitia rekrutmen. Termasuk, jika ditemukan adanya praktik Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam rekrutmen, maka CPNS bersangkutan harus dianulir.
‘’Isi surat dari Menpan menyebutkan, BKN bisa mengambil alih serta akan menganulir hasil kolusi jika sampai 30 Mei mendatang Pemerintah Kota (Pemkot) tidak mampu menyelesaikannya,’’ujar salah satu pejabat di Pemkot KK.
Wakil Wali Kota Ir Tatong Bara membenarkan bahwa, isi surat dari Menpan menyebutkan persoalan CPNS paling lambat akhir Mei ini. Kalau tidak selesai, akan diambil alih BKN. “Kami akan berusaha secepatnya menyelesaikan persoalan CPNS. Tapi tidak ada kata-kata anulir dari Menpan,’’tandasnya.
Kepala BKD Kotamobagu Idris Manoppo bertingkah aneh. Hasil pertemuan antara Tatong Bara, Manoppo, dan Kesbangpol dengan perwakilan CPNS yang diwakili Dian Eka Maani dan Arfan Paputungan, menyatakan tidak tahu hasil dari pertemuan tersebut. “Tanyakan saja kepada Wakil Wali Kota,” singkatnya.
Perwakilan CPNS Dian dan Arfan mengaku, kalau surat rekomendasi Menpan yang dikirim melalui fax, dibacakan sendiri oleh Kepala BKD. “Isi surat dari Menpan dibacakan Kepala BKD,” kata keduanya.
Effendi Abdul Kadir, Direktur Lembaga Pemantau Kinerja Eksekutif Legislatif (LPKEL) Reformasi menguatirkan jika diambil alih Menpan dan BKN, kemungkinan akan dianulirnya ratusan CPNS sangat besar. “Kalau sudah ditarik, maka kemungkinan dianulir akan besar,” nilainya.
Selain itu, kata Effendi, dampak buruk kepercayaan pemerintah pusat kepada pemkot KK bisa berkurang. “Bisa jadi, kehilangan kepercayaan ini akan berdampak pada perekrutan CPNS berikutnya. Kalau tidak dihentikan rekrutmen, kemungkinan lain panitianya diambil alih provinsi,” jelasnya, sembari menyebutkan, solusinya hanya satu, semua pejabat harus duduk bersama dan Wakil Wali Kota legowo. (fir/ham)

Kemungkinan Langkah BKN Sulut
• Membuka semua berkas CPNS
• Memvalidasi hasil CPNS dari panitia rekrutmen
• Melakukan pemeriksaan LJK
• Menganulir CPNS yang melakukan praktik KKN
• Menghentikan rekrutmen CPNS untuk Kotamobagu
• Menyerahkan perekrutan CPNS kepada BKD Provinsi.

Sumber: Manado Post, 07 Mei 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: