SK Sulit Diterbitkan

Harus Anulir CPNS Rp40 Juta

KOTAMOBAGU — Kemarahan 352 calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemkot Kota Kotamobagu siap meledak. Hampir enam bulan sejak pengumuman lulus November 2009 lalu Pemkot Kotamobagu tidak bisa membuktikan janjinya. Sebagai bentuk kekecewaan para CPNS KK kembali turun ke jalan meminta pertanggungjawaban atas konflik yang terjadi di kubu pemerintah KK. “Kami kembali turun karena menjadi tumbal dari sikap pemerintah,” teriak CPNS saat aksi di depan kantor wali kota, Selasa kemarin.
Sebagian CPNS mendesak kepada pemkot untuk mengembalikan hasil tes CPNS 2009 yang benar. ‘’Yang lulus karena bayar harus diganti dengan lulus murni, supaya Menpan akan keluarkan SK dan NIP,’’teriak sebagian CPNS.
Sekretaris Kota (Sekot) Muhammad Mokoginta saat menerima para CPNS bingung untuk memberi garansi kapan CPNS  KK cepat selesai. “Kami tidak bisa memberikan jaminan apapun, selain yakin akan selesai dan NIP CPNS akan segera keluar,” ujarnya.
Mokoginta pun sulit menjawab langkah apa yang akan diambil Pemkot setelah Menpan-RB menyerahkan pemkot KK menyelesaikan persoalan CPNS. “Pemkot terus berjuang di pusat untuk segera mengeluarkan NIP CPNS. Tunggu saja,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Idris Manoppo, kelihatan mulai bosan dengan kekisruhan. Ia mengaku siap dicopot dari jabatan kalau benar persoalan CPNS karena kesalahannya. “Saya siap,”ujarnya. Idris mulai buka-bukaan. Meski komentarnya tersirat, namun mengakui kalau  persoalan CPNS berkepanjangan karena surat dari Wakil Wali Kota yang masuk ke Menpan-RB. “Jawaban Menpan-RB waktu itu, kalau laporan dari masyarakat, ditanggapi dengan memberitahukan laporan itu ke kepala daerah. Tapi tanggapan atas laporan dari pejabat pemerintah, itu yang ditahan,” ujarnya.
Sampai saat ini, kata Idris, tidak ada yang bisa dilakukan Pemkot, selain menunggu hasil dari Menpan-RB. (fir/ham)

Sumber: Harian Manado Post, 05 Mei 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: