Menpan: Juni, Penerimaan CPNS

BKD se-Sulut Diminta Segera Usulkan Formasi

TOMOHON- Kabar gembira bagi warga Sulut yang bercita-cita menjadi PNS. Pemerintah pusat lewat Kementerian Pendayagunaaan Aparatur Negara (MenPAN) segera membuka kran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2010 di seluruh Indonesia, pada Juni 2010 mendatang.
Ini dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Letjen (Purn) EE Mangindaan SIP. “Untuk penerimaaan CPNS 2010 akan dilaksanakan Juni atau Juli,” kata Mangindaan, di sela-sela Peluncuran Buku, VCD/DVD Nyanyikanlah Nyanyian Baru bagi Tuhan (NNBT), di Auditorium Bukit Inspirasi (ABI) Tomohon, Senin (8/3), kemarin.

Mantan Gubernur Sulut ini menegaskan, saat ini, pihaknya masih menunggu usulan formasi dari masing-masing provinsi, kabupaten/kota untuk formasi CPNS 2010. Nantinya, dalam usulan tersebut akan diverifikasi apakah sesuai kebutuhan atau tidak di masing-masing daerah. “Tentunya harus ada tahap verifikasi untuk melihat sampai sejauh mana kebutuhan daerah,” sambungnya.
Usai memberikan keterangan, Mangindaan langsung memasuki gedung Bukit Inspirasi. Tak lama kemudian, Mangindaan menyambut kedatangan Menkokesra RI Agung Laksono yang datang bersama Gubernur Sulut SH Sarundajang, sekira pukul 14.00 wita. Sebelum mengikuti rangkaian mata acara peluncuran buku, tampak Agung Laksono, SHS, Mangindaan, Wakil Ketua Umum DPP Golkar Theo Sambuaga, Bupati Minahasa Stefanus Vreeke Runtu menikmati jagung dan ubi rebus yang sudah dipersiapkan panitia di depan Auditorium.

Di sisi lain, pemerintah daerah didesak secepatnya memasukkan kebutuhan pegawainya. Ini agar Kementerian PAN&RB sudah bisa menyusun formasi CPNS 2010.
“Saya rasa kalau para kepala daerah paham tentang PP 97 Tahun 2000 jo PP 54 Tahun 2003, pasti penyusunan formasi akan tepat waktu,” kata Deputi Kementerian PAN & RB bidang SDM Aparatur Ramli Naibaho pada koran ini, Senin (8/3).
Dalam dua PP tersebut diatur, setiap instansi pusat dan daerah sudah harus menyusun kebutuhan formasi setelah selesai perekrutan CPNS atau setiap akhir tahun. Sayangnya, hingga saat ini belum ada usulan dari pemda.
“Heran juga dengan kebijakan pemda. Mereka nanti ramai-ramai memasukkan kalau sudah dekat pertengahan tahun. Padahal butuh waktu beberapa bulan untuk analisa kebutuhan daerah,” ujarnya.

Ramli lagi-lagi menegaskan, keterlambatan pusat menetapkan formasi karena daerah memperlambat proses usulan. Logikanya, kalau daerah ingin cepat, maka usulannya harus dipercepat juga. “Biarpun pusat ingin mempercepat tapi kalau daerah lamban, bagaimana bisa,” tandasnya.
Diapun mengimbau pemda secepatnya memasukkan kebutuhan formasi CPNSnya. Ini agar jadwal perekrutan CPNS bisa dipercepat dibanding tahun lalu.
Kepala BKD Sulut Jeffrey Korengkeng mengungkapkan, BKD Sulut telah mengirimkan edaran ke seluruh SKPD Pemprov untuk mengajukan formasi yang sangat dibutuhkan, untuk dikaji sebelum dikirim ke MenPAN. “Memang masih ada beberapa tenaga kesehatan yang akan diusulkan lagi. Sedangkan yang teknis, hanya formasi yang sangat dibutuhkan karena usulan tahun ini tidak sebanyak tahun lalu lagi,” kata Korengkeng.

Kepala BKD Tomohon Alex Uguy menyatakan, pihaknya akan menghadap MenPAN untuk membawa usulan formasi CPNS 2010. “Pekan ini usulan formasi dari SKPD sesuai kajian BKD akan dibawa ke MenPAN,” terang Uguy.
Diketahui, usulan SKPD yang masuk diantaranya Dinkes 101 formasi, Diknas 68 formasi ,Badan Penanggulangan Bencana 57 formasi, Lingkungan Hidup 9 formasi, Disbudpar 6 formasi, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan 21 formasi. “Usulan SKPD kami tampung dan dikaji sesuai dengan kebutuhan untuk penempatan PNS diTomohon,” sambungnya.
Disisi lain, Uguy menambahkan, 14 formasi kosong saat seleksi CPNS Tomohon 2009, bakal diajukan kembali. Formasi kosong yang terdiri dari delapan bidan, satu guru Biologi, satu guru PPKN, dua orang analisis laboratorium, dan dua orang Pranata Kesehatan bakal diusulkan kembali. “Formasi yang kosong di 2009 masih dibutuhkan sehingga akan diajukan kembali ke MenPAN,” tegasnya.

Untuk itu, Uguy menegaskan kurangnya peminat di formasi tersebut harus cermati bagi pelamar. Olehnya, para CPNS harus jeli agar melihat peluang yang paling besar untuk menjadi CPNS di Tomohon. Disatu sisi , Uguy menambahkan untuk tenaga honorer daerah (honda) sebanyak 523 orang sudah terakomodir. Untuk itu, Tomohon sudah tidak lagi memiliki tenaga Honda. Namun, masih ada tenaga bantu yang mencapai 300-an orang. “Untuk tenaga bantu tidak akan memperoleh jalur khusus, tapi tetap mengikuti jalur umum,” pungkas lelaki murah senyum ini. (vip/esy)

Sumber: Manado Post, 9 Maret 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: