14 Kontraktor Nakal Masuk Daftar Hitam

Kotamobagu, KOMENTAR
Ruarr biasaa..!! Ternyata, daftar kontraktor bermasalah yang melaksanakan proyek fisik di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu jumlahnya lumayan banyak. Untuk proyek Tahun Anggaran (TA) 2008 saja tercatat sedikitnya ada 14 kontraktor ber-masalah. Akibatnya, mereka langsung dimasukkan ke dalam black list alias daftar hitam, sehingga tidak bisa mengikuti tender ataupun melaksanakan proyek PL (Penunjukan Langsung) pada TA 2009.

Ke-14 kontraktor bermasalah itu diketahui merupakan per-usahaan-perusahaan yang menangani proyek di lingku-ngan Dinas Pekerjaan Umum Kota Kotamobagu. Dengan kata lain, jumlah perusahaan ber-masalah yang menangani pro-yek di lingkungan Pemkot Ko-tamobagu pada TA 2008 diper-kirakan masih di atas angka tadi. Sebab, jumlah tersebut belum termasuk kontraktor yang menangani proyek di kantor, badan, dinas, maupun bagian lain di pemkot.
Banyaknya kontraktor ca’-beres itu diungkapkan lang-sung oleh Walikota Kotamoba-gu, Drs Hi Djelantik Mokodompit kepada Komentar, Senin (25/01) kemarin. Lebih menyakitkan lagi, kontraktor-kontraktor ber-masalah itu ternyata bukan ber-asal dari luar wilayah melainkan tercatat berdomisili di Kota-mobagu sendiri.
“Hal ini tentu sangat mempri-hatinkan, sebab pengusaha lo-kal yang menerima pekerjaan itu tidak melaksanakan tanggung jawab sebagaimana mestinya. Padahal, selain mereka berasal dari Kotamobagu, hasil dari pekerjaan yang mereka lakukan itu diperuntukkan buat kepen-tingan seluruh masyarakat Ko-tamobagu,” tutur Papa Rasky, sapaan akrab Walikota Moko-dompit.
Karena itu, menjelang pelak-sanaan tender proyek baik di lingkungan Dinas PU maupun SKPD-SKPD lain di lingkungan Pemkot Kotamobagu, ia meng-instruksikan kepada para pa-nitia untuk menyeleksi secara ketat perusahaan-perusahaan yang bermohon. “Saya meng-instruksikan kepada seluruh panitia proyek baik fisik maupun non-fisik pada tahun anggaran 2010 ini, agar betul-betul ketat dalam melakukan seleksi ter-hadap pihak ketiga yang hendak mengikuti tender,” pesannya.
“Kalau ada perusahaan yang sudah masuk daftar hitam, langsung ditolak. Begitu juga perusahaan yang baru namun ternyata hanya ganti kulit saja dari perusahaan lama dan ber-masalah, itu harus diperhatikan baik-baik. Panitia harus memilih perusahaan yang betul-betul profesional. Jangan sampai proyek tahun ini dikerjakan sama seperti tahun-tahun se-belumnya, terutama yang me-nimbulkan kekecewaan kepada pemerintah dan terlebih masya-rakat,” kata Papa Rasky ke-mudian.
DIPERIKSA BPK
Di sisi lain, Kadis PU Kota-mobagu Ir Sande Dodo meng-ungkapkan bahwa ke-14 kon-traktor bermasalah tadi kini sudah ditangani pihak BPK (Ba-dan Pemeriksa Keuangan). “Per-usahaan-perusahaan itu masuk kategori bermasalah, karena selain proyeknya dikerjakan tidak sesuai bestek juga ada yang melewati waktu kontrak. Se-hingga mereka harus membayar TGR (Tuntutan Ganti Rugi) ke-pada pemerintah,” jelasnya.
Bagaimana dengan kontraktor yang menangani proyek TA 2009? Menurut Dodo, saat ini pihak-nya masih melakukan pemerik-saan. “Yang pasti jika kami me-nemukan ada pekerjaan mereka yang juga tidak beres, pasti akan langsung masuk daftar hitam dan mereka tidak diikutkan pada tender tahun ini,” tukasnya.
Sekadar diketahui, sejumlah proyek yang dibiayai APBD (Ang-garan Pendapatan dan Belanja Daerah) Kotamobagu TA 2009 sempat ditemukan bermasalah. Di antaranya, pembangunan jembatan penghubung Desa Pontodon dengan Bilalang di Kecamatan Kotamobagu Utara. Tanggul di ujung jembatan jebol seminggu setelah proyek dinya-takan rampung.
Kemudian proyek jaringan irigasi desa di Kelurahan Moli-now, beberapa titik dindingnya ambruk kendati pembangun-annya sudah sempat dinyata-kan selesai. Belum lagi sejum-lah pekerjaan jembatan dan jalan, juga sempat ditemukan beberapa di antaranya diker-jakan di bawah standar sehingga harus diperbaiki.(cop)

Sumber: Harian Komentar, 26 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: