Putra Daerah Jangan Dinomorduakan

BKD Bolmong: Harus Tunjukan Kualitas di Tes CPNS
KOTAMOBAGU—Jelang pendaftaran seleksi penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Senin (19/10) hari ini, fenomena lain mulai terlihat. Yaitu banyaknya pelamar dari luar daerah yang akan ikut bersaing.
Syarat mutlak wajibkan memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) Nasional, berarti membuka peluang para calon lain wilayah Sulut, di luar domisili Bolmong Raya (Bolmong, Kotamobagu, Bolsel, Boltim, dan Bolmut). Ini diatur dalam Undang-Undang Kependudukan, Nomor 23 Tahun 2006, tentang Administrasi Kependudukan.
Aktivis Bolmong Raya Syafruddin Mokodompit, berharap putra daerah tidak dinomorduakan. Seperti di Bolsel, sarjana hanya sekira 97 orang. Namun, CPNS yang direkrut sebanyak 449 orang. ‘’Kualitas dari seseorang tidak mutlak, tetapi bagaimana panitia bisa mengakomodir putra daerah. Maksudnya, orang Mongondow (Bolmong Raya, red) ada di luar daerah dan yang ada di daerah kita ini bisa masuk ke Bolsel yang kekurangan sarjana, begitu juga di Bolmong, Boltim, Bolmut, dan Kotamobagu,’’ ungkap Syafruddin, Minggu (18/10), kemarin.
Syafruddin menambahkan, memang setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran. Karena yang diutamakan kualitas seseorang. Namun jangan lupa Bolmong banyak orang-orang pintar dan mampu dari sisi SDM. “Banyak juga yang menginginkan sekolah hingga program doctor, jadi sekali lagi jangan biarkan putra daerah,’’ katanya mengurai.
Kepala BKD Bolmong Drs Hi Mitran Tuna melalui Kabid Pembinaan dan Bangkir Abdullah Jon Lun mengaku, pihaknya tetap akan mengakomodir putra daerah. Namun, tidak menutup diri pelamar dari luar Bolmong yang akan mendaftar untuk ikut seleksi. “Jadi, setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran, untuk itu bagi putra daerah harus menunjukkan jati diri dan harus menunjukkan kualitas,’’ ungkap Abdullah, kemarin.(ald/ras)

Sumber: Manado Post, 19 Oktober 2009

Satu Tanggapan

  1. Torang sangat berharap bahwa CPNS yg bukan putra bolsel, jangan cuma jadi batu loncatan torang p daerah…in daerah bukan ngoni penene moyang pe tampa ba singga…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: