3 Kali Tes Tak Lulus, Berharap Tes Objektif

Keluh Kesah Peserta CPNS Bolmong Raya
TAK lama lagi seleksi penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) akan dibuka. Banyak calon pelamar akan berlomba untuk bisa lulus dan diangkat menjadi pegawai.
Namun, pendekatan ala KKN (Kolusi, Korupsi, Nepotisme), itu, membuat warga cemas. Rasa kesal mereka karena sudah ikut tes berulang-ulang kali tetapi belum juga berhasil.
Ibu Riska, misalnya, mengakui, ketika Bolmong masih satu (belum dimekarkan) ikut tes kualifikasi SMA. Juga, ikut tes kedua kalinya belum berhasil. Dan, ketika Bolmong sudah mekar dan ikut tes dengan ijasah sarjana juga belum lulus. “Kalau soal tes saya rasa sudah diisi dengan benar, tetapi herannya jawaban saya dengan yang lain sama, malah dia (peserta CPNS lain, red) yang lulus tes,’’ tutur Riska.
Dia berharap, panitia seleksi harus bisa mendengar keluhan ini. Apalagi, saban tahun sesuai amatannya proses seleksi sudah tidak fair. Banyak yang lulus tetapi tidak semua itu lulus murni. Ada yang lulus karena keterpaksaan, juga karena ada permainan yang tidak sehat sesama panitia dan oknum pegawai. “Mudah-mudahan mereka (panitia CPNS dan oknum pegawai, red) mendengar keluh kesah kami ini,’’ kata Riska yang sudah beranak dua ini.
Kekecewaan juga dirasakan Edwin Ismail. Alumni Unsrat ini, mengaku, sudah 4 kali ikut tetapi belum juga berhasil. Berbicara soal rejeki atau garis tangan, pasti semuanya ada rasa memiliki. Namun, kadangkala garis tangan ditentukan oleh panitia CPNS. “Bukannya meluluh menyalahkan panitia tetapi berharap seleksi kali ini benar-benar murni tanpa ada KKN,’’ kata Edwin.(ald/ras)

Sumber: Manado Post, 14 Oktober 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: