Penyaluran THR Ngambang

Dinsosnaker KK Bentuk Tim Pengawasan
KOTAMOBAGU—Penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja di Bolmong Raya belum ada kepastian. Ngambangnya waktu pemberian THR ini karena Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Kotamobagu (KK) masih menunggu keputusan bersama Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Soeparno, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Taufiq Effendi, dan Menteri Agama M Maftuh Basyuni.
Menurut Kadis Sosial dan Tenaga Kerja KK Ir Hi M Taufiq Alhabsy mengakui, pihaknya belum menerima edaran keputusan bersama 3 Menteri terkait THR dan libur nasional. Namun, sebelum H-7 tetap ada antisipasi. Seperti sudah membentuk tim pengawasan perusahaan pemberian THR. Pun telah disurati perusahaan-perusahaan untuk diwajibkan membayar THR kepada pekerja atau karyawan yang sudah bekerja sesuai dengan masa kerja. “Biasanya ada surat edaran resmi yang masuk dan tindak lanjutnya langsung dari Gubernur SH Sarundajang, tetapi sampai saat ini belum masuk, kalau sudah ada tetap akan kami kirim ke 125 perusahaan di Kota Kotamobagu,’’ ungkap Taufiq, Selasa (1/9), kemarin.
Taufiq menambahkan, bagi perusahaan yang tidak memberlakukan THR sesuai dengan UU Ketenagakerjaan tetap akan diberikan sanksi. Namun, selama ini perusahaan tetap memberlakukan THR. “Khusus Kota Kotamobagu ada kira-kira 2.337 orang pekerja yang berhak menerima tunjangan tersebut. Tidak hanya umat muslim tetapi non muslim juga ada tunjangan hari raya,’’ katanya mengurai.
Sementara pihak pemilik perusahaan pun siap memberikan THR. “Wajib bagi kami untuk memberikan THR,’’ aku Ko Fani, pemilik Dragon Swalayan.
Bocoran diperoleh, karyawan muslim menerima THR 1 bulan gaji. Bagi karyawan yang sudah 12 bulan bekerja secara terus menerus juga menerima 1 bulan upah. Namun, ada juga yang mendapat bonus dari perusahaan, seperti minuman dan bahan untuk membuat kue. “Kami menerima THR satu bulan gaji. Kalau gaji tiap bulan Rp1 juta maka kami menerima Rp2 juta,’’ kata Lia Damopolii, karyawan perusahaan di Bolmong.(ald/ras)

Sumber: Manado Post, 02 September 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: