7.365 PNS Terima Gaji Baru

Rapel Menyusul Pekan Depan

KOTAMOBAGU—Ribuan PNS di Pemkab Bolmong dan Pemkot Kotamobagu ternyata sudah menikmati gaji baru dengan kenaikan gaji pokok 15 persen. ”Sejak 1 April sudah dibayarkan,” kata Kadis Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bolmong, Ny Ramlah Darwis-Mokodongan SE MSi, (2/4) kemarin. Namun, tambah Ramlah, gaji tersebut belum termasuk pembayaran rapel kenaikan gaji Januari-Maret. ”Pembayaran rapel Januari-Maret diupayakan minggu kedua bulan ini,’’ katanya.
Berdasarkan data DPPKAD Bolmong, 5.281 PNS Pemkab Bolmong sudah menikmati gaji baru dengan total yang dibayarkan mencapai Rp12,4 miliar. ‘’Yang pasti kenaikan gaji pokok bervariasi dan disesuaikan dengan masa kerja,’’ ujar Ramlah, kemarin.
Sementara Kadis PPKAD Kotamobagu Drs Darusdin Mokoagow mengaku, masih banyak bendahara SKPD yang bingung dengan rumus hitungan gaji baru dan rapel. ”Saat ini kita masih menunggu laporan bendahara SKPD, kalau sudah rampung maka bisa saja akan dibayar pekan ini,’’ kata Darusdin, kemarin.
Katanya, pembayaran gaji tergantung bendahara masing-masing SKPD, sebab dananya sudah tersedia di kas daerah, berikut dengan anggaran untuk rapel. Dana yang disediakan Rp5,8 miliar. ‘’Lebih cepat mereka menikmati rapel lebih bagus,’’ katanya lagi.
Data yang berhasil dirangkum wartawan Manado Post, tercatat total PNS data 2007 tercatat 7.365 (diluar CPNS yang lulus 2008), pegawai sebanyak itu tersebar di Bolmong, KK, Boltim dan Bolsel. Bolmong 5.281 PNS, termasuk Boltim 900 PNS dan Bolsel 900, serta Kota Kotamobagu 2.001 PNS ditambah 84 orang yang baru selesai melaksanakan Diklat Prajab.
Berdasarkan PP 8 tahun 2009 tentang Gaji Baru PNS, kenaikan gaji pokok PNS bervariasi, sesuai dengan masa kerja. Rinciannya, golongan I dan II berkisar 16,5 persen. sementara untuk PNS golongan III dan IV rata-rata sekitar 15 persen. (ald)

Sumber: Manado Post, 03 April 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: