Kerjasama Bidang Hukum

Bupati Bolmong-Kajati Tandatangani Perjanjian

Bolmong—Bupati Bolmong Dra Hj Marlina Moha Siahaan dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulut Yohan Silalahi SH melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Rabu (4/2) kemarin. Isi MoU tersebut pada intinya berisi kerja sama di bidang hukum perdata dan tata usaha negara, dimana Kejati Sulut bersedia menjadi jaksa pengacara negara untuk membantu Pemkab Bolmong ketika diperhadapkan pada persoalan hukum pidana dan atau tata usaha negara.
“Dengan ditandatanganinnya MoU ini, ketika pemkab Bolmong digugat atau menjadi tergugat atas masalah hukum perdata maupun tata usaha negar, maka Kejati Sulut dapat membantu kita,” kata Bupati Bolmong di sela-sela acara penandatanganan tersebut.
Yang tak kalah menarik, kedatangan Kajati Sulut itu merupakan kunjungan kerja perdana di Bolmong. Sehingga telah menjadi kebiasaan atau adat masyarakat Bolmong untuk menyuguhkan tarian adat daerah, untuk menyambut tamu istimwa yang baru pertama kali menginjakkan kaki di di daerah ini.
Prosesi adat diawali dengan tari Tuitan, disusul dengan adat itu-itung, dimana ketua masyarakat berucap dalam bahasa Mongondow yang diantaranya mendoakan kehidupan mulia sang tamu kemudian dihindari dari segala bentuk marabahaya selama berada di tanah Leluhur Totabuan.
Sambil dipandu oleh seoprang MC, Kajati yang didampingi para petinggi Kejati Sulut serta Kajari Kotamobagu Sherlly SH, kemudian dijemput oleh tarian adat bernama tari Kabela, tari yang telah didaulat untuk penjemputan tamu-tamu peserta WOC di Manado.
Setelah itu, Kajati dan Rombongan masuk dalam rumah dinas Bupati Bolmong, kemudian dipersembahkan atraksi adat terakhir yang cukup sakral, yakni makan sirih-pinang. Di sini, manakala tamu agung rela memakan sirih, atau setidaknya mematahkan sirih tersebut, maka hal itu menandakan dfia telah resmi diterima sebagai tamu agung di Bolmong.(esbe)

Sumber: swarakita-manado.com, 5 Maret 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: