Bolsel-Boltim Kecipratan PNPM 3,5 M

KOTAMOBAGU—Sebagai daerah baru, Bolsel dan Boltim mendapat suntikan dana khusus dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Alokasi khusus untuk Nuangan dan Pinolosian Timur adalah PNPM bidang Infrastruktur Perdesaan, dengan dana masing-masing Rp1,75 miliar. Kepala BPMD Bolmong Tahlis Gallang SIP mengatakan, PNPM yang ada di instansi ini adalah PNPM Mandiri, PNPM Infrastruktur Perdesaan, PNPM Lingkungan, dan PNPM Pendidikan. “Khusus PNPM lingkungan harus diselesaikan April 2009 karena dana tersebut luncuran 2008 lalu,” kata Gallang seraya mengungkapkan dana tersebut digunakan untuk fisik dan operasional kegiatan.
Mantan Kabag Pemdes Bolmong menambahkan, khusus PNPM Mandiri pelaksanaan kegiatan Oktober hingga Desember ketika tutup buku triwulan III. Sebelum kegiatan lebih dahulu pembentukan satuan kerja di tingkat kecamatan, pembentukan tim koordinasi tingkat kecamatan dan kabupaten, Setelah semuanya tuntas maka tim koordinasi tinggal menunggu proses penandatanganan oleh bupati. “Sambil tunggu proses itu, bulan Maret ini sudah melaksanakan pelatihan fasilitator kecamatan dan unit pengelola kegiatan, termasuk pihak yang terkait pengelolaan PNPM Mandiri,’’ ujar Tahlis didampingi Kabid Bina Usaha Ekonomi Desa Wahid Mangkad.
‘’Jangan sampai perangkat desa dan sangadi berbuat curang dalam pelaksanaan program untuk memberdayakan masyarakat ini,’’ ujar Syafrudin Mokodompit, aktivis Bolmong. (ald)

Sumber: Manado Post, 5 Maret 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: