Bantu Sosialisasi Pemilu

Jajaran Pemkab Diwajibkan

Bolmong—Selama ini, masih banyak masyarakat beranggapan bahwa institusi yang melakukan sosialisasi Pemilu hanya KPU dan jajarannya sampai ke tingkat kecamatan (PPK) dan desa (PPS). Padahal sebenarnya, semua SKPD di Pemkab dan Pemkot diwajibkan untuk membantu sosialisasi Pemilu tersebut, apalagi di tengah waktu yang semakin kasip.

Keterlibatan SKPD-SKPD tersebut surat edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), yang kemudian dikirimkan kepada semua pemerintah daerah, baik Pemprov maupun Pemerintah Kabupaten/Kota. “Benar demikian, semua SKPD di provinsi sampai kabupaten dan kota wajib membantu sosialisasi Pemilu 2009. Soal anggaran untuk membantu kegiatan KPU, memamng wajar, tergantung kemampuan peme-rinah daerah berapa yang mereka bisa sisihkan untuk membantu tugas-tugas KPU, namun bantuan anggaran itu berbeda dengan bantuan dari SKPD untuk turut mensosialisasikan Pemilu 2009,” kata personel KPU Sulut Karyanto Martam.
Sayangnya, SKPD-SKPD di Bolmong tampaknya belum melakukan hal itu. Terbukti, hanya KPU Bolmong dan jajarannya, PPK dan PPS, yang turun langsung di lapangan melakukan sosialisasi. Bahkan salah seorang anggota KPU Bolmong Sachrul Mamonto, kepada Swara Kita mengatakan, mereka terkadang menggunakan uang pribadi untuk melakukan sosialsiasi, soalnya anggaran sosialaisi dari KPU maupun bantuan dari pemerintah daerah belum kunjung diterima.
“Yang penting masyarakat mengetahui cara menyalurkan hak pilih di Pemilu, itu dulu yang kami utamakan. Soal anggaran, kami ikhlas menggunakan dulu uang pribadi,” kata Mamonto.
Sementara itu, Jubir pemkab Bolmong Ir Bachrudin Marto ketika ditanyakan mengenai surat edaran Mendagri yang mewajibkan SKPD-SKPD ikut mensosialisasikan Pemilu meangatakan, dirinya akan mengkoordinasikan dulu dengan pengambil keputusan, sebelum berbicara di media. “Namun kalau itu sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah khususnya SKPD-SKPD yang ada, Pemkab Bolmong pasti akan melakukannya dengan baik. Demi suksesnya Pemilu 2009 di tanah Totabuan,” tegasnya diplomatif.(esbe)

Sumber: swarakita-manado.com, 5 Maret 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: