Anggaran Sosialisasi Pencontrengan Minim

Kerjasama KPU Sulut dan Kab/Kota Harus Diperkuat

Bolmong—Masyarakat pemilik hak pilih diharapkan tak perlu banyak mempolemikkan penandaan atau pencontrengan dua kali. Sebab KPU di setiap tingkatan hanya akan meng-anjurkan bahwa pencontrengan yang sah itu dilakukan sekali saja. Ini dimaksudkan, agar pemilih dapat menetapkan satu pilihan saja dalam setiap lembar kerta suara, baik untuk lembaran DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi sampai DPR RI .
Demikian disampaikan personel KPU Sulut Karyanto Martam, dalam perbincangan dengan Swara Kita, di sela-sela rapat koordinasi (rakor) KPU kabupaten/kota yang dilang-sungkan di Restoran Lembah Bening Kotamobagu, Senin (2/3) lalu. “Kami mengimbau kepada masyarakat pemilih agar hanya sekali saja mencontreng dalam setiap lembar kertas suara, itu pasti sudah sah. Kami juga meminta kepada KPU di kabupten/kota se-Sulut agar mensosialiasikan saja tentang sekali contreng,” kata Martam.
Menurut Martam, opsi tentang dua kali contreng, seperti mencontreng lambang partai kemudian nama caleg dalam partai yang sama, bisa jadi akan dibenarkan dalam Perppu yang mengatur tentang pencontrengan, namun biarlah itu dibahas kemudian. Sebab kalau hal iti dipolemikkan saat ini, hanya akan membuat masyarakat jadi bingung bahkan bisa lupa tentang cara mencontreng yang benar. “Kalau sekali contreng saja itu sudah sah, tak perlu mempertanyakan lagi tentang bagaimana dengan dua atau tiga kali contreng,” ujarnya.
Pada bagian lain, disentil soal kendala sosialisasi di tengah waktu yang semakin kasip, Karyanto Martam mengakui bahwa hal itu tak hanya dialami oleh KPU kabupaten/kota, tapi termasuk KPU Sulut juga. Betapa tidak, sudah waktu yang semakin kasip, ternyata anggaran sosialisasi sangat minim. “Ang-garan sosiaisasi untuk KPU provinsi hanya Rp 90-an juta, sedangkan KPU Kabupaten/Kota Rp 40 juta. Kami masih mencari sistem yang tepat agar anggaran yang minim ini bisa mencukupi untuk pelaksanaan sosialisasi,” katanya lagi.(esbe)

Sumber: swarakita-manado.com, 4 Maret 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: