Melihat Dari Dekat Obyek Wisata Pantai Tobayagan

Beli Ikan ‘Mangail’ Langsung Bakar di Pantai

Obyek wisata alam pantai ternyata bertebaran di Bolsel. Salah satunya Pantai Tobayagan, Kecamatan Pinolisian Tengah. Sayang, karena masih daerah baru sehingga obyek wisata itu belum tergarap, bahkan tak pernah disentuh pemerintah. Kawasan yang memiliki luas sekitar 100 hektar itu selain punya pemandangan alam yang eksotis, khas daerah pantai, juga berpotensi untuk kawasan budidaya tambak udang. Sebenarnya, warga sekitar sudah memanfaatkan lokasi itu untuk wisata.
Perahu ketinting yang ada di pesisir pantai Tobayagan, yang biasanya digunakan melaut, kini sudah dimanfaatkan untuk ‘jalan-jalan’ menyusuri pantai. “Biasanya saat lebaran pantai kami ini ramai pengunjung,’’ kata H Mokoagow, warga Tobayagan, kemarin.
Pantai itu juga menjadi tempat persinggahan kapal penangkap ikan Tuna, serta lokasi berlabuhnya nelayan ‘kail’. Jadi jangan heran, sering para pengunjung yang datang disuguhkan dengan ikan karang atau mangail. Ikan yang baru ditangkap para nelayan tradisional Tobayagan itu bisa dibeli dengan harga murah dan dibakar di pinggir pantai. “Ikannya bisa langsung dibakar di sini,’’ tambah Puput Podomi.
Penjabat Bupati Bolsel Drs Arudji Mongilong mengaku, potensi wisata alam di Bolsel cukup banyak tapi belum tersosialisasi dan tergarap. “Sambil sosialisasi, kami juga sedang mencari pihak yang berminat mengelolanya. Pemerintah akan membantu,” kata Mongilong. (Ronald mokoginta)

Sumber: Manado Post, 2 Maret 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: