Sungai Bulawan Diduga Tercemar Sianida

Polisi Periksa Pemilik Tong yang Bocor, Warga Minta Bapedalda Turun

KOTAMOBAGU—Warga Desa Bulawan Kecamatan Kotabunan, Boltim, dibuat resah dengan dugaan kebocoran tong Sianiada milik Agustaman, pengusaha emas. Bahkan warga yang berada di dekat sungai Bulawan mulai protes minta penghentian operasional usaha pengusaha asal Sulsel itu. “Memang sudah seminggu ini warga resah dengan kebocoran tong sianida yang mengalir ke sungai Bulawan,’’ kata Camat Kotabunan Ny Farida Manoppo SH.
Kapolsek Kotabunan Iptu Alfrets Tatuo membenarkan bila pemilik tong Sianida, Agustaman sedang ditahan untuk dimintai keterangan. Menurut Alfrets, kasus tersebut dalam tahap penelidikan. Lokasi kejadian yang terjadi 14 Februari tersebut, menurut Alfrets, hanya 2 kilometer dari Bulawan. ‘’Kami terus melakukan penyelidikan, dan bila perlu harus dites laboratorium,’’ katanya lagi.
Untuk sementara, kata Alfrets, di muara sungai Bulawan belum ada tanda-tanda pencemaran berupa rusaknya tanaman di sekitar, atau timbul korban manusia maupun hewan. “Tapi ada beberapa barang bukti yang sudah kami ambil,” katanya lagi.
Medi Makalunsenge dan Benny Boroma, warga Boltim, meminta, pihak yang berkompeten segera mengambil langkah. “Bila perlu ada tim Bapedalda bersama kepolisian meneliti lingkungan, dan secepatnya memberi kabar agar warga tidak resah,” ujar mereka. (ald)

Sumber: Manado Post, 27 Pebruari 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: