Larangan Knalpot Racing

Kasatlantas Luruskan Kontroversi

Bolmong—Sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang memprotes menbgapa knalpot racing dilarang digunakan, sementara toko-toko bebas menjualnya. Hingga ada warga yang beranggapan, Knalpot Racing adalah barang terlarang yang dijual bebas. Juga banyak yang mempertanyakan, kalau knalpot racing adalah barang terlarang, mengapa toko penjualnya tidak dirazia saja.

Atas pandangan seperti itu, Kapolres Bolmong lewat Kasat Lantas AKP Robby Septiadi SIK pun angkat bicara. Dalam perbincangan dengan Swara Kita kemarin, Robby menjelas-kan bahwa knalpot racing itu hanya digunakan untuk kenda-raan balap saja. Sehingga kalau dipergunakan pada kendaraan yang bukan utnuk balapan resmi, jelas dilarang. “Namanya saja knalpot racing, jadi hanya untuk dipergunakan di balapan. Kalau tujuan lain, tentu itu melanggar aturan,” terangnya.
“Soal pertanyaan mengapa polisi tidak merazia toko penjual knalpot racing, memang kami tidak boleh melakukannya. Sebab penjualannya tidak dilarang. Yang dapat kami lakukan, hanya mengimbau kepada toko penmjual, agar hanya menjual knalpot racing kepada kendaraan yang dipakai untuk balapan,” jelasnya lagi.
Pada bagian lain, Robby mengatakan ribuan knalpot racing yang telah disita selama beberapa bulan terakhir akan segera dimusnahkan. Setelah aparat kepolisian berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri Kotamobagu.
“Barang bukti pelangagran lalu lintas teresbut kini masih disimpan di kantor satlantas Bolmong. Mudah-mudahan, setelah koordinasi selesai dengan pihak Pengadilan Negeri, kami sudah dapt memusnahkannya,” ungkap Robby.(esbe)

Sumber: swarakita-manado.com, 27 Pebruari 2009

9 Tanggapan

  1. knapa knalpot “racing(padahal tidak di pake racing/nama doang)” ini dilarang ?? apa karena suara atau ukuran panjangnya? kalo suara brapa ukurannya? apakah panjang urkuran mengganggu? kalo karena ngebut2an, apakah yang standar tidak bisa ngebut?

  2. setuju pak’dadang, nambahin dikit…saya juga bingung ukuran untuk knalpot standar itu yg gimana? apakah Bentuknya atau Suaranya (kebisingan). kalo bentuknya harus standar berarti semua motor (Suzuki, Honda, Yamaha, dll) harus punya bentuk knalpot yg sama. nah kalo suaranya yang bising, sampe batas berapa desibel batas yang ditentukan? setahu saya suara mobil truk lebih keras (baca: lebih bising) dari suara knalpot recing.

    kemudian tindakan polisi yang langsung merusak ditempat atau menyita knalpot recing…kayaknya tindakan pilih kasih yach…karena setahu saya ada larangan untuk mobil yang menggunakan kaca film diatas 80%…tapi kok ngak diapa-apain yach..(tanya kenapa?) kenapa kalo mobil apalagi yang mobil mewah yang menggunakan kaca film diatas 80% kacanya ngak diapa-apain yach…ngak dipecahkan di tempat atau disita sekalian….

  3. ninja 2tak kena rajia juga gak c,rx king .n 2 tak lain gtoh

  4. SAMAJUGA mengucilkan PARA pengguna RODA 2???
    setau saya masih banyak RODA 4 yg mengAPLIKASI knalpot racing dan Menurut saya Tingkat kebisingannya LEBIH dari knalpot RACING di RODA 2,knpa Gak di APA-APAIN tuh???
    setuju DENGAN bro SYAIFULRIZAL.

    atau JANGAN langsung di rusak,KASIAN yg dah NGUMPULIN duit Cape” bwt bli tuh barang yg harganya BUKAN RP.1000-2000 perak,langsung Di rusak gt aja,ya di beri teguran terlebih dahulu(TIDAK DI TINLANG)

  5. polisi gak ada kerjaan.mendingan bersiin got aja biar pada bersih daripada ngurusin yang tidak-tidak

  6. iya nihhh… klo mau juga di SNI-kan juga tuhh knalpot racingnya biar kaya helm2. jadi para pengguna sepeda motor tidak terlalu kecewa..(saran)

  7. polisi pilih kasih antara 4tak ma 2 tak to.
    knpa kok sering tilang motor 4tak padahal 2tak juga pke racing.
    t4ku polisi ja pake knalpot racing knapa masyarakat juga ga boleh make?

  8. Setuju ni aq kemaren baru kena razia??? Sial to pak Po*isi masak aq mnta penjelasan ga berani ngomong tu KERE, mana q kmaren dilempar” pertama dibawa ke pos 1 kemudian q diminta mw nitip pa ga??? q ngeyel disitu buat minta penjelasan lsg dilempar ke pos 2. Waktu mnt penjelasan lagi lsg deh disodori UU wkt q tny cz disitu ga dijelasin, pak KERE bilang yg penting hrs standar pabrik. trz q tny ukuran kebisingan dy ga bs jawab??? Mlah q disuruh ttd surat tilang. Keliatan bgt tu pol KERE cm nyari duit dijalan… Sial.. Sial.. Sial.. Untuk Pak Pol KERE bsk qt ketemu di pengadilan AKHIRAT, gw BANTAI LO!!!!!!

  9. sbar sbar. .
    UNTUK INDONESIA. MOGA D BUATKAN SNI UNTUK KNALPOT RACING.
    Mksh.
    Nb:hkum d dunia sma d akherat kejam d akherat lho.hti”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: