Serang 1 Warga Bolmong

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menyerang di Bolmong. Menurut data Dinkes Bolmong, sudah 1 pasien suspect DBD, atas nama Teddy Siwy (6), warga Tungoi I Kecamatan Lolayan.
Menurut Kasie Bina Pengamatan, Pencegahan, dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Bolmong Vikhan Lomboan, SKM., pasien tersebut sempat di rawat inap selama 4 hari di salah satu klinik seorang dokter senior.
“Belum positif Demam Berdarah, tapi baru sebatas suspect,’’ kata Vikhan, seraya berharap kejadian luar biasa (KLB) seperti Januari-Maret 2008 tidak akan terjadi.
Menurut Kadis Kesehatan Bolmong dr Hi Sjafruddin Mokoginta, perlu diwaspadai tren peningkatan DBD antara Februari hingga April. Katanya, di samping cuaca, juga diakibatkan lingkungan yang tidak bersih. “Seluruh puskesmas diminta tetap memberikan penyuluhan tentang 3 M plus dan bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat,’’ kata Sjafruddin, kemarin.
Dokter Uli—sapaanya menjelaskan, bila sudah ada pasien yang positif DBD maka pihaknya akan melakukan fogging di tempat tinggal pasien dengan radius 100 meter. Namun bila lebih dari 2 orang penderita, maka akan di fogging focus. “Fogging hanya untuk membunuh nyamuk dewasa agar tidak menjadi jentik, selebihnya lingkungan harus bersih,” katanya. (ald/irz)

Sumber: Manado Post, 25 Pebruari 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: