Jalan Singsingon-Insil Memprihatinkan

1.177 Lubang Menganga di Jalur Sentra Holtikutura

KOTAMOBAGU—Tidak hanya Pemkot Kotamobagu yang dibuat pusing dengan kondisi jalan yang rusak parah. Pemkab Bolmong pun kewalahan melayani protes masyarakat terkait jalan rusak. Seperti ruas jalan lingkar Passi yang dipenuhi lebih seribu lubang, padahal kawasan ini merupakan sentra hortikultura di Bolmong.
Pantauan wartawan koran ini Selasa (24/2) kemarin, kerusakan yang sangat parah terjadi di kawasan perkebunan Desa Manembo Kecamatan Passi Timur menuju ke perkebunan Pobuntulan dan perkebunan Desa Singsingon Passi Timur.
Lebih dari 2 kilometer ribuan lubang menganga di badan jalan, juga kubangan becek, serta pepohonan yang telah menutupi badan jalan. Bukan hanya itu, ada juga 5 titik longsoran. Lebih memprihatinkan, ada 1 titik yang rawan kecelakaan, karena pinggiran jalannya mulai longsor, padahal di bawahnya ada jurang terjal yang dalamnya lebihi 100 meter.
Tak hanya itu, ranting yang sudah kering bekas reruntuhan pohon besar yang tumbang menghiasi sejumlah titik memasuki perkebunan Pobuntulan. Kondisi yang hamper sama terpantau di Desa Poopo, Desa Manembo dan perkebunan Passi menuju ke Desa Bilalang I (lihat grafis). Rata-rata belum di-hotmix dan dalam kondisi rusak parah. “Torang kesulitan bawa sayor ka luar kobong sini karena jalan so rusak skali,” kata Ny Deetje Lumi-Moonik (75), petani holtikultura Desa Manembo, kemarin.
Petani lainnya, Jois Lolombulan (38), warga Poopo Passi Timur mengaku jalan perkebunan ini sudah lebih dari 2 tahun kondisi rusak parah. “Selam ini belum ada perbaikan. Torang harap ada perhatian dari pemerintah karena dari sini banyak sayuran yang dihasilkan,’’ kata Jois.
Sayang, pihak Dinas PU Kimpraswil Bolmong tidak memberi jawaban yang pasti rencana perbaikan jalan lingkar Passi ini. Menurut Kadis PU Ir Dadang Nugroho, jalan menuju ke Singsingon dan Insil itu tetap menjadi perhatian serius Pemkab Bolmong. “Perbaikannya dilakukan secara bertahap, dana tidak cukup untuk perbaikan menyeluruh,” katanya.(ald/irz)

Sumber: Manado Post, 25 Pebruari 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: