1 Penderita AIDS Meninggal

Masyarakat Diminta Proaktif Periksakan Diri

KOTAMOBAGU—Masyarakat Bolmong dan Kotamobagu diminta lebih proaktif untuk memeriksakan diri, dan Dinkes lebih intens melakukan pemantauan. Pasalnya, tahun lalu terdeteksi penderita HIV/AIDS sebanyak 3 orang, dan salah satunya telah meninggal.
Menurut data Dinkes Bolmong, yang telah meninggal itu adalah ABK yang sudah mengidap AIDS. “Dua orang baru HIV, tapi kami intensif melakukan perawatan dan pemantauan,” kata Kasie Bina Pengamatan, Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Bolmong, Vinhan Lomboan SKM, kemarin.
Sayang, tahun ini Dinkes Bolmong belum punya data akurat tentang penderita penyakit yang mematikan ini. “Petugas survailens masih sedang melakukan pemantauan dan pendataan. Yang pasti, ada penderita tapi mereka enggan memeriksakan diri sehingga tidak terdata,” kata Kadis Kesehatan Bolmong dr Syafruddin Mokoginta.
Selain melakukan survey, tambah Syafruddin, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah pihak Polres untuk memberikan penyuluhan. Mantan Kepala Puskesmas Bilalang itu menjelaskan, penyuluhan tentang HIV/AIDS dilakukan setiap tahun dan lebih banyak melibatkan anak sekolah. “Seks bebas, jarum suntik dan penggunaan narkoba rentan dengan tertular HIV/AIDS,” kata Syafruddin. (ald)

Sumber: Manado Post, 24 Pebruari 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: