Bolmong Kecipratan 8,8 M PNPM Mandiri

KOTAMOBAGU–Pemerintah meluncurkan program padat karya berupa PNPM Mandiri Perdesaan ke Bolmong dengan alokasi Rp8,8 miliar. Dana itu terdiri dari APBN Rp 7,28 miliar dan dana kerjasama (dulu: sharing) dari APBD sebesar Rp 1,52 miliar. Alokasi PNPM Mandiri kepada setiap kecamatan tidak sama. Ada yang kecipratan Rp 2 miliar, ada yang ‘hanya’ Rp 900 juta, dan ada juga hanya menerima Rp 200 juta. “Ada kecamatan inti yang baru mendapat jatah, dan ada kecamatan penguatan yang sudah beberapa kali dapat,’’ ungkap Kepala BPMD Bolmong, Tahlis Gallang SIP, kemarin.
Mantan Kabag Pemdes Bolmong itu menjelaskan, dana PNPM ini tidak langsung dikelola SKPD terkait (BPMD), tetapi langsung ke rekening kecamatan. “Bila Maret sudah ada MOU, April sudah mulai jalan,’’ katanya.
Camat Sang Tombolang Drs Usman Baharta berpendapat, meski hanya untuk penguatan, tetapi masyarakat sangat bersyukur karena dananya untuk kepentingan rakyat. “Dananya dikelola sendiri oleh masyarakat,” kata pimpinan kecamatan yang daerahnya ketiban Rp 200 juta itu.
Rahmat Mokodompit, warga Lolayan, berharap, dana PNPM yang diberikan untuk kepentingan masyarakat untuk tidak disalahgunakan karena dananya dari, oleh dan untuk masyarakat. ‘’Harus transparan,’’ kata Rahmat.
Bupati Ny Marlina Moha Siahaan mengatakan, dana PNPM akan diberikan dalam waktu dekat ini. “Pemanfaatannya harus dibicarakan secara musyawarah,’’ kata Marlina, kemarin. (ald/irz)

Hj Marlina Moha Siahaan,
Bupati Bolmong
PIHAK kecamatan yang ada di 12 Kecamatan se Bolmong harus bisa memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik-baiknya. Pengunaannya harus dimusyawarahkan.

Tahlis Gallang, SIP
Kepala BPMD Bolmong
Jika Maret sudah teken MoU, kemungkinan April kegiatannya dimulai

Rahmat Mokodompit,
Warga Lolayan
MASYARAKAT sangat berterima kasih karena pemerintah pusat dapat memberikan bantuan dalam bentuk dana PNPM Mandiri.

Sumber: Manado Post, 18 Pebruari 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: