Nenas dan keunikannya di Totabuan…

Tanaman nenas merupakan komoditi pertanian unggulan di Kabupaten Bolaang Mongondow. Sentra produksi buah nenas terbesar terdapat di Kecamatan Passi Timur. Desa Lobong, Poyuyanan dan Muntoi dapat kita lihat hamparan tanaman nenas yang sangat menggiurkan. Hasil panen sebagian dijual ke pasar dan sebagian lagi langsung dibeli oleh pedagang buah yang akan menjual kembali di daerah lain.

Nenas Lobong terkenal manis dan segar sehingga banyak diburu oleh masyarakat luar daerah, terutama menjelang hari besar keagamaan (Idul Fitri, Natal dan Tahun baru). Oleh karena terkenal dan banyak dicari, maka nenas menjadi maskot di Lobong selain kapur. Pemerintah setempat menetapkan bahwa buah nenas merupakan komoditi unggulan dan untuk itu dibuat sebuah tugu/monumen nenas yang cukup besar terbuat dari ribuan nenas yang disusun sedemikian rupa menjadi sebuah nenas raksasa. Namun tugu/monumen ini sekarang sudah tidak ada lagi, sehingga kita tidak bisa melihat yang seperti ini lagi…kapan ya?

Monumen/Tugu Nenas Raksasa

Monumen/Tugu Nenas Raksasa

Mahasiswa KKN Unsrat pun sebelumnya telah membuat monumen nenas dari beton yang besarnya “wah”. Monumen nenas ini dapat dilihat di sebelah kanan jalan saat memasuki desa Lobong.

tugu-nenas-lobong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: