Darmin Nasution Diterima Secara Adat Mongondow di Bukit Ilongkow

MMS pun Mengaku Ingin Kunjungi Tanah Batak
KEDATANGAN Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution bersama istri tercinta, Hj Salsiah Ulfa Sahabi Manoppo –yang juga keturunan Raja Kerajaan Mongondow, DC Manoppo, didampingi Kepala BI Sulut Ramlan Ginting ke rumah dinas Bupati Bolmong, Dra Hj Marlina Moha-Siahaan (MMS), serasa berada di Tanah Batak, Sumatera Utara. Pasalnya, MMS yang keturunan Batak dikunjungi beberapa pejabat penting yang juga berdarah Batak.
“Walaupun saya orang Batak tapi saya juga keturunan Bol-mong. Sama seperti Bang Darmin yang mengawini warga Bolmong,” kata Bupati Marlina Moha-Siahaan, mengawali sambutannya.
Namun, MMS mengaku hingga saat ini belum pernah menginjakkan kakinya ke tanah Batak. “Saya berencana akan ke Batak bulan Desem-ber ini untuk melihat keluarga kami. Kapolres Bolmong juga istrinya orang Batak,” tu-turnya.
Setelah melakukan sambutan, MMS kemudian menyanyikan lagu daerah Batak yang berjudul “Situmorang”. Saat menyanyikan lagu ter-sebut, MMS mengajak Kapol-res Bolmong AKBP Drs Gatot Tri Suryanta MSi serta Darmin Nasution, untuk bernyanyi bersama sambil menari Tor-tor (tarian khas Batak).
Sebelumnnya, MMS sempat pula menuturkan bahwa Dar-min Nasution juga banyak an-dil ketika Pemkab Bolmong hendak memekarkan daerah ini, menjadi lima daerah. Em-pat daerah baru tersebut, ma-sing-masing Kabupaten Bolsel, Boltim, Bolmut, dan Kota Kot-amobagu. “Bang Darmin mem-berikan akses jaringannya untuk membantu panitia pe-mekaran. Saya serta panitia pemekaran Bolmong sempat datang ke rumah Bang Dar-min dan beliau merespon positif perjuangan kita,” ungkap MMS.
Namun, tambahnya, perjua-ngan belum berakhir. Dikata-kan MMS, pemerintah dan rakyat Bolmong bersatu se-dang berjuang kembali untuk mendirikan Propinsi Bolmong.
Sementara itu, Darmin Nasu-tion dalam sambutannya sa-ngat berterimakasih telah di-sambut dengan tarian adat. “Saya sebenarnya cukup fa-miliar dan pernah datang ke Kotamobagu. Sejak tahun 2001 pernah datang,” ung-kapnya.
Dikatakan, masyarakat Ko-tamobagu merupakan warga yang ramah dan rendah hati.
Mengenai pemekaran Propin-si Bolmong, ia mengatakan hal itu merupakan sebuah perjua-ngan yang sangat berat dan harus didukung oleh segenap masyarakat. “Itu urusan per-juangan dan harus didukung,” ucapnya sambil tersenyum.
Diketahui, Darmin Nasution datang ke Bolmong untuk me-ngunjungi kampong halaman istri tercintanya, Hj Salsiah Ulfa Sahabi Manoppo. Darmin datang ke rumah dinas Bupati Bolmong sekitar pukul 10.30 WITA. Sebelum masuk ke da-lam rumah dinas, ia disambut dengan tarian adat Bolmong. Awalnya, Darmin disambut dengan tarian Tuwitan atau seni perang untuk penyam-butan tamu agung.
Setelah itu disambut dengan tari Wela yang dibawakan oleh enam orang pemuda-pemudi asal Bolmong. Usai disambut dengan beberapa tarian, Darmin dan istri serta kerabatnya kemudian menuju pintu masuk rumah dinas Bupati Bolmong. Di situ, telah menanti MMS dan Kapolres Gatot Tri Suryanta serta pemimpin SKPD yang ada di lingkungan Pemkab Bolmong.
Kedatangan Gubernur BI ke Bolmong hanya bersifat kunjungan biasa. Pria berdarah batak ini kebetulan memiliki istri yang merupakan warga Bolmong dan tinggal di kelu-rahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur. Ia datang ke Bolmong setelah melakukan kunjungan kerja ke Propinsi Gorontalo, untuk meresmikan kantor BI di wilayah tersebut.(cop)

Sumber: Harian Komentar, 1 Nopember 2010

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: